Menu

Ogah Pakai Masker, Orang Sawangan Depok Sok Kebal Omicron

ian/RN/JD

Senin, 20 Desember 2021 - 11:19 WIB
Ogah Pakai Masker, Orang Sawangan Depok Sok Kebal Omicron

Ilustrasi/net

JD - Virus corona varian omicron sudah beredar di Jakarta. Bahkan, Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran di-lockdown. 

Hal ini untuk menghadang virus corona varian omicron. Tapi, dari pantauan wartawan, kalau warga Sawangan, Depok, Jawa Barat nampaknya sok kebal. 

Warga banyak yang tidak pakai masker. Bahkan, jika malam banyak juga warga kumpul-kumpul di cafe kopi dan rumah makan. 

"Udah ilang om corona," ungkap Abidin yang ditemui di warung kopi kawasan Pengasinan, Minggu (19/12) malam.

Diketahui, petugas RSDC dinyatakan terjangkit omicron. Lockdown dilakukan selama tujuh hari. 

Akibat lockdown, pasien Covid-19 yang sudah sembuh juga tak bisa meninggalkan tempat itu untuk pulang ke kediaman masing-masing.  

"Mereka yang sudah dibolehkan pulang (sembuh) tentu saja terkena aturan lockdown. Mereka tidak boleh pulang sampai dinyatakan aman atau lokdown-nya dicabut pada 23 Desember," kata Koordinator RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Mayor Jenderal Budiman kepada wartawan, Minggu (19/12).  

Kini, kata dia, terdapat 217 pasien Covid-19 yang dirawat di sana. Termasuk di dalamnya tiga pasien Covid-19 yang terinfeksi varian omicron. Ada pula 10 pasien Covid-19 yang pernah kontak erat dengan pasien positif omicron pertama.  

RSDC Wisma Atlet di-lockdown sejak 17 Desember hingga 23 Desember. Langkah ini diambil pihak pengelola usai salah satu petugas kebersihan di sana berinisial N diketahui terinfeksi virus corona varian omicron pada 15 Desember.  

Sehari berselang, dua pasien Covid-19 yang dirawat di sana juga diketahui terinfeksi varian omicron. Masing-masing pria ini baru saja tiba di Indonesia usai bertolak dari Amerika selatan dan Inggris.