Menu
Dukung Tanam Sejuta Pohon

Misan Samsuri Tanam Pohon di Waduk Setu Cipayung

Ian/RN/JD

Minggu, 16 Januari 2022 - 14:09 WIB
Misan Samsuri Tanam Pohon di Waduk Setu Cipayung

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri (tengah, baju putih).

JD - Hari sejuta pohon sedunia diperingati pada tanggal 10 Januari setiap tahunnya di dunia. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, tetapi penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.

Nah, terkait dengan hal itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri melaksanakan penanaman sejuta pohon berlangsung di Waduk Setu Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (16/1/2021).

Menurut Misan, menanam pohon merupakan cara dalam memelihara tanah dan menjaga bumi tetap dingin. Ia berharap kegiatan itu akan di ikuti oleh masyarakat.

"Pohon punya cara lain untuk mengalahkan panas dengan menyerap CO2 yang memicu pemanasan global. Tumbuhan selalu membutuhkan sejumlah CO2 untuk fotosintesis, tetapi udara di bumi sekarang begitu pekat dengan emisi ekstra sehingga hutan melawan pemanasan global hanya dengan bernapas," kata Misan, di Waduk Setu Cipayung, Minggu.

"Kita berharap kegiatan ini akan menjadi contoh bagi masyarakat agar rajin menanam pohon sekaligus merawatnya," sambungnya.

Anggota fraksi Demokrat DPRD DKI ini juga menjelaskan, dalam kegiatan menanam pohon pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat.

"Selain kegiatan kita menanam pohon di Waduk Setu ini, semua elemen masyarakat yang hadir disini juga kita berikan bibit pohon. Hari ini sebanyak 3000 bibit pohon akan mulai di tanam, dan diharapkan beberapa bulan kedepan sejuta pohon bisa selesai semua ditanam," ujar Misan.

Pohon yang kita tanam ini selain untuk penghijauan, mudah-mudahan memiliki nilai ekonomis. Ada pohon durian, mangga, rambutan serta sawo," pungkasnya. 

Tampak hadir dalam kegiatan tanam sejuta pohon di Waduk Setu Cipayung, Ketua DPD Demokrat DKI yang juga anggota DPR RI, Santoso, anggota fraksi Demokrat DPRD DKI Afni Sajim serta seniman Bang Madid dan tokoh masyarakat setempat.