Menu

Catat Ya, Inilah Lima Timsel Bawaslu DKI Jakarta

ian/RN/JD

Jumat, 20 Mei 2022 - 12:20 WIB
Catat Ya, Inilah Lima Timsel Bawaslu DKI Jakarta

Siti Zuhro

JD - Tim seleksi (timsel) wasit pemilu atau Bawaslu tingkat provinsi sudah terbentuk. Dari dokumen yang beredar ada lima nama yang akan menyeleksi anggota Bawaslu tingkat DKI Jakarta. 

Mereka adalah, Aditya Perdana, Didik Suhariyanto, Muhammad Kholid Syeirazi, Karyono Wibowo dan Prof Siti Zuhro. Kelimanya dalam waktu dekat akan mulai bekerja melakukan penjaringan dan penyaringan.

Sementara Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyoroti beberapa permasalahan dalam proses rekrutmen anggota Bawaslu daerah, termasuk persoalan tim seleksi (timsel).

"Terdapat beberapa permasalahan dalam proses seleksi penyelenggara di daerah," ujar Manajer Pemantauan JPPR Aji Pangestu dalam siaran pers yang diterima, Kamis (19/5/2022).

Proses seleksi di tengah pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 menjadi tantangan tersendiri bagi anggota Bawaslu Republik Indonesia. Beberapa permasalahan dalam proses rekrutmen Bawaslu di tingkat daerah, khususnya mengenai pembentukan timsel antara lain, terdapat perbedaan pemahaman antartimsel terkait mekanisme seleksi, kurangnya pemahaman dan kompetensi timsel terhadap isu-isu pemilu, serta keberpihakan timsel terhadap peserta tertentu sehingga melakukan penjegalan terhadap calon yang lain.

Terdapat 25 Bawaslu provinsi yang para anggotanya mengakhiri masa jabatan pada tahun ini. Kemudian pada 2023, ada sembilan Bawaslu provinsi dan 514 Bawaslu kabupaten/kota yang para anggotanya bakal mengakhiri masa jabatan. Ditambah dengan seleksi untuk anggota tambahan di 25 Bawaslu Provinsi.

​​​​​