Menu

Bekasi Hujan Es, Warga pun Panik

HB/JD

Rabu, 14 April 2021 - 16:03 WIB
Bekasi Hujan Es, Warga pun Panik

Hujan es yang terjadi di Bekasi

JD - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Jakarta, Bekasi, Depok dan Tangerang. Di Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (14/4/2021) sore, beberapa wilayah Selatan diguyur hujan es.

Hal itu sebagaimana ramai menjadi perbincangan di jagad media sosial. Seperti yang diunggah akun media sosial @infobekasi seperti kiriman dari netizen @namiqu_shanti yang melaporkan telah terjadi hujan es di kawasan Kelurahan Jatilhur, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Dalam cuitanya disebutkan, es sampai ke teras rumahnya karena terbawa angin kencang. "Ambil video sampe takut, gluduk juga soalnya,” katanya. Cuitan tersebut dilihat ribuan netizen yang heran dengan fenomena hujan es tersebut.

Warga Pondok Melati bernama Muhajir Aji menceritakan hujan es yang terjadi di rumahnya.

“Awalnya cuaca panas, lalu, tiba-tiba hujan lebas yang sertai petir. Tak lama kemudian malah hujan es,” katanya ketika dihubungi, Rabu (14/4/2021).

Ia mengaku sempat khawatir dengan perubahan cuaca yang secara tiba-tiba dari panas lalu ke hujan lebat hingga muncul hujan es.

“Suara hujan es yang jatuh yang bikin khawatir. Bunyinya cetok-cetok, apalagi di atas genteng. Khawatir genteng bocor jug,” ucapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Agus Harpa membenarkan peristiwa hujan disertai es tersebut terjadi di wilayah Jatiasih hingga Pondok Melati. "Hujan deras disertai angin,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan laporan warga terdapat butiran es sebesar kelingking dan beberapa pohon tumbang. Hingga saat ini, masih dalam pengecekan beberapa lokasi. Nanti kami sampaikan updatenya,” ungkapnya.

Sebelumnya, BMKG sudah memprediksi adanya hujan lebat di Jaboidetabek.

"Saya melihat siang hari ini terjadi pembentukan awan hujan yang cukup masif, akibat sistem konvektif yang kuat. Salah satu tanda yang mencirikan kita berada di masa peralihan musim dengan seringnya terjadi hujan es dan puting beliung," ujar Koordinator Sub-Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra, melalui keterangan resminya, Rabu (14/4/2021)